fbpx
undang-undang hak cipta

undang-undang hak cipta dan desain grafis

Belakangan ini sedang cukup viral topik tentang logo geprek Bensu, dan I Am Geprek Bensu, yang disinggung oleh seorang Netizen di Twitter. Topik yang cukup menarik sepertinya. Jadi kali ini saya mau membahas bagaimana relevansi antara undang-undang hak cipta dengan desain grafis.

undang-undang hak cipta
Karena lagi marak belakangan ini, saya mau mencoba memberi angle dari desain grafis. Kebetulan issue ini terkait dengan undang-undang hak cipta dan banyak temen-temen desainer grafis yang mungkin belum terlalu paham tentang hal ini.

Jadi klaim si netizen ini adalah, kalau kita kunjungi website desain grafis untuk download gratis yaitu si freepik, maka kita bisa nemuin design asli kedua usaha ayam geprek tersebut. Saya sendiri bisa menemukannya hanya dengan mengetik kata kunci ‘Coloured Rooster’ pada field searchnya. Mari pelajari apakah ini melanggar undang-undang hak cipta

undang-undang hak cipta bensu
jeng jengg. Easy Peasy Lemon Squeezy

Jadi sebenarnya apa sih pengaruh hal-hal seperti ini terhadap kita para penyedia jasa desain grafis ? yuk kita simak sama-sama beberapa permasalahan yang terjadi disini dan bagaimana menyikapi ke depannya supaya kita tidak melakukan hal-hal yang melanggar UUHC (Undang-Undang Hak Cipta)

1.Perijinan

Coba intip gambar dari detail download aset ‘Coloured Rooster’ dibawah ini :

sumber : freepik

Digambar atas kamu bisa perhatikan bahwa ada pernyataan yang mengatakan bahwa aset visual tersebut gratis untuk digunakan baik untuk tujuan pribadi maupun komersil, jadi kalo dilihat selayang pandang tidak ada permasalahan. Toh, gratis dan tidak melanggar undang-undang hak cipta toh? TAPI..

Silahkan baca di kolom disampingnya kalimat dengan pernyataan ini :

undang-undang hak cipta desain grafis 2

Yes. disitu ada kalimat “Free for personal and comercial purpose with ATTRIBUTION.” apa itu attribution ? singkatnya, Atribusi adalah sebuah kredit yang diberikan kepada pemilik asli dari karya yang digunakan sebagai bentuk kepatuhan terhadap hukum dan untuk menghindari konflik yang lahir dari Copyright Infringement (Pelanggaran Hak Cipta).

Mari kita lihat sama-sama, UUHC (Undang-Undang Hak Cipta) pasal 44 ayat 1 yang bersinggungan langsung dengan hal ini :

Penggunaan, pengambilan, Penggandaan, dan/atau pengubahan suatu Ciptaan dan/atau produk Hak Terkait secara seluruh atau sebagian yang substansial tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta jika sumbernya disebutkan atau dicantumkan secara lengkap untuk keperluan:

  1. pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta atau Pemegang Hak Cipta;
  2. keamanan serta penyelenggaraan pemerintahan, legislatif, dan peradilan;
  3. ceramah yang hanya untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan; atau
  4. pertunjukan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.

Nah, di pasal ini cukup jelas dinyatakan bahwa jika kita mencantumkan sumbernya, maka penggunaan, pengambilan, penggandaan, dan/atau pengubahan suatu ciptaan tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta. Ini artinya kita melakukan claim bahwa karya tersebut dimiliki oleh seseorang / satu instansi.

Sebagai pembelajaran saja, siapapun yang menggunakan aset visual tanpa seizin atau melakukan atribusi kepada pemilik asli karya tersebut sudah melanggar UUHC Pasal 44 ayat 1. Jadi baik Geprek Bensu, I Am Geprek Bensu, atau siapapun itu jika melakukan tindakan ini maka juga dapat diberikan konsekuensi hukum terhadap pihak yang melanggar.

Sebagai disclaimer postingan ini tidak dimaksudkan untuk memojokkan pihak-pihak tertentu, tetapi murni dipakai sebagai referensi bagi para stakeholder dalam industri kreatif ini.

Alangkah baiknya jika pikiran kita lebih terbuka untuk menghargai waktu dan tenaga para desainer grafis dalam membuat aset visual yang kamu mungkin gunakan.

Jangan lupa rating artikel ini bila bermanfaat ya, terima kasih

Our Score
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Need help?
Powered by