Show Project InfoHide Project Info

DIGITAL MARKETING CAFE : STUDI KASUS KALARAS

Studi Kasus Kalaras Backyard

Client: Kalaras Backyard
Website:
Date: February 28, 2021
Services: Digital Marketing, Branding

Digital Marketing Cafe : Studi Kasus Kalaras Backyard.

Kalaras merupakan klien yang kami garap pada periode akhir 2020. Sebuah Cafe & Coffee Shop di kawasan Cimahi, Bandung, Jawa Barat. Sebagaimana semua usaha yang dimulai pada tahun 2020, patut diacungi jempol ‘nyali’ untuk memulai usaha di tengah situasi pandemi yang tidak menentu. Kami dipilih untuk melakukan Branding, dan Digital Marketing Cafe ini. Kami akan menunjukkan bagaimana dengan modal marketing kurang dari Rp.10,000,000 kami mampu menghasilkan omset berkali-kali lipat.

Kami mendapat kepercayaan dari klien kami melalui jasa konsultan New Eyes Consultant , sebuah jasa konsultan khusus untuk F&B yang juga merupakan Partner dari Adri Goeltom untuk melakukan digital marketing cafe yang mencakup SMM & PPC (FB Ads). Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, dan pada akhirnya membantu menaikkan omset dari Kalaras Backyard.

Setelah beberapa analisa yang dilakukan, kami sampai pada kesimpulan metode Digital Marketing Cafe terbaik yang dapat dilakukan yaitu :

 

  1. Digital Marketing Cafe : Influencer Marketing

  2. Digital Marketing Cafe : SMM

  3. Digital Marketing Cafe : Profile Visit FB Ads

Kita akan mengupas satu persatu bagaimana strategi digital marketing cafe yang dilakukan dapat menuntun kepada OMSET yang bahkan melampaui target, dengan budget yang minimal. 

Namun terlebih dahulu kita harus memahami bagaimana menentukan strategi yang tepat dalam melakukan pemasaran digital untuk sebuah usaha berbasis Brick & Mortar (lokasi fisik). Memasarkan sebuah bisnis membutuhkan pendekatan yang berbeda dibanding mengembangkan akun sebuah konten kreator. Salah satunya dibutuhkan supporting accounts yang membantu menciptakan traction. Oleh karena peran INFLUENCER sangat membantu dalam menciptakan UGC (User Generated Content).

  1. INFLUENCER MARKETING

Dengan sedikit research, kami mendapatkan beberapa list nama yang influncer KULINER yang terbaik di daerah Bandung. Antara lain sebagai berikut :

  • KOKO KULINER
  • DUNIA KULINER BANDUNG
  • BANDUNG FOOD SOCIETY
  • LETS.GO.EAT
  • MAKAN PAKE RECEH
  • BANDUNG EATERY
  • BANDUNG FOODIES

Tentu saja nama-nama ini tidak serta merta kami pilihan berdasarkan penilaian subyektif. Tetapi kami melakukan beberapa penilaian yang krusial antara lain :

  1. Engagement Rate

    digital marketing cafe
    engagement rate

    (Total interaksi akun / jumlah follower * 100) untuk menentukan tingkat Engagement Rate masing-masing influencer ini. Dibawah ini kami akan bagikan benchmark yang digunakan untuk menilai rasio engagement yang baik berdasarkan jumlah followers.

  2. Likes – Comment ratio

    digital marketing cafe
    likes-comment ratio

    Merupakan jumlah perbandingan antara Likes dan Komen untuk menilai seberapa organik akun tersebut

  3. Followers

    Jumlah followers menentukan clustering / grouping influencer yang masuk ke micro atau macro. Influencer Micro contohnya mungkin memilliki lebih sedikit followers tapi memiliki niche yang kuat sehingga Feed dari mereka memiliki relevansi yang cenderung lebih tinggi. Macro influencer di sisi lain memiliki potensi untuk menaikkan brand awareness yang menjangkau jumlah followers yang sangat luas.

Berikut adalah hasil yang kami dapat. Nama-nama ini kami yakini akan menghasilkan dampak brand awareness dan engagement dalam digital marketing cafe yang dapat membantu pertumbuhkan akun socmed @kalarasbackyard

2. Socmed Marketing

Mengoptimalkan Medsos membutuhkan beberapa metode tertentu : diantaranya optimasi Profil, Story, Highlights, dan Hashtags Optimization, serta customer outreach.

  • Profil, Story, Highlights : penting untuk memanfaatkan profil untuk mempermudah aksesibilitas user dalam memperoleh informasi yang lengkap tentang anda. Masukkan  kategori, promosi, no WA, jam operasional, layanan, dan yang tidak kalah penting, alamat lengkap usaha anda. pada segmen highlights jangan lupa masukkan icon-icon yang jelas menggambarkan kategori highlights. Aktivitas IG Story sangat penting untuk menjangkau followers kamu.
  • digital marketing cafe
  • Hashtags Optimization : Menggunakan aplikasi Flick, kami melakukan analisa hashtags untuk menentukan pilihan terbaik berdasarkan DAPC (Daily Average Post Count), Competition Score, Potential Reach, dll. Beberapa group hashtags pun dibuat berasarkan kategori produk, event, ambience, dan sebagainya untuk memperluas jangkauan melalui strategi hashtags grouping. digital marketing cafe flick

3. FB ADS

Dengan melakukan FB Ads, kami berencana menjangkau lebih banyak calon customer dengan melakukan targeting pada radius 10 – 15 Km dari lokasi cafe Kalaras Backyard. Iklan-iklan menampilkan ambience, produk, serta event. Hanya dengan modal tidak lebih dari Rp.1,000,000 selama 3 bulan!

MONITOR

Salah satu aspek yang sangat penting yang perlu selalu diawasi adalah pertumbuhan dari akun itu sendiri. Kami memastikan semua DM, komen, dibalas secepat mungkin, melakukan outreach di akun-akun UGC yang mention @kalarasbackyard untuk menjangkau lebih banyak calon pengunjung.

Kami juga menjadwalkan kunjungan-kunjungan para influencer dengan baik. Setiap  minggu kami memastikan setidaknya ada 1 influencer yang datang berkunjung.

Tidak lepas dari semua ini adalah komunikasi kami dengan tim lapangan seperti Manajer Operasional untuk memastikan bahwa semua keluhan dan masukkan dari pelanggan dapat ditindaklanjuti dengan baik. Tidak semua hal mengenai digital marketing cafe berkaitan dengan data.

Kami yakin, Medsos menjadi entry point yang vital dari setiap calon pengunjung dan percaya bahwa pelayanan end-to-end yang baik mulai dari interaksi pada Medsos sampai dengan kunjungan ke Cafe akan memberikan kesan positif kepada para pengunjung dari Kalaras Backyard.

digital marketing cafe monitorDengan menyiapkan tabel monitor seperti diatas kita dapat mengantisipasi jika terjadi penurunan jangkauan atau interaksi, seperti dapat dilihat pada periode akhir dari tabel ini. Hal ini kemudian disikapi dengan perubahan strategi konten, influencer, dan boosting FB Ads untuk meningkatkan hasil lebih maksimal.

HASILNYA?

Setelah secara konsisten memposting setiap hari selama periode bulan November, pada bulan Desember Kalaras Backyard mampu menghasilkan omset 3x lipat dari target (target sales perhari Rp.5,000,000). Dengan budget marketing yang bermodalkan kurang dari Rp.10.000.000! awareness dan engagement pada Medsos juga melambung sampai kepada titik Cafe ini kebanjiran reservasi, dengan Waiting List yang bisa mencapai 1/2 jam . Ga jelek untuk cafe di daerah Cimahi 😉

digital marketing cafe

Pada screenshot hashtags #kulinercimahi diatas anda dapat melihat pada post no.7 & 8, keduanya adalah postingan influencer menggunakan hashtags #kulinercimahi . Untuk diketahui hashtag ini sangat sulit untuk di rank karena memiliki tingkat kompetisi yang tinggi (sangat banyak usaha yang menggunakan hashtag #kulinercimahi di daerah Cimahi)

digital marketing cafe

Seperti dapat dilihat pada analisa melalui Flick diatas, #kulinercimahi memiliki Competition Score yang tinggi. Namun kami berhasil me rank pada hashtags tersebut melalui strategi influencer. Ini mengakibatkan banyaknya jangkauan ke hashtags relevan. Dan sebagai catatan, Kami mentargetkan hashtag ini karena merupakan Hashtag berbasis lokasi. Orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci ini kemungkinan besar domisili di Cimahi, atau sedang mencari makanan di daerah Cimahi.

Pada periode Desember setiap harinya setidaknya ada 3 – 5 reservasi yang masuk dengan jumlah tamu 2 – 15 orang per reservasinya.

Kami berhasil mencapai target dan klien pun puas dengan kinerja yang ada.

Lalu, bagaimana dengan Januari ? mari kita lihat statistik dibawah ini yang diambil dari Insights Instagram

Anda dapat melihat penurunan statistik yang terjadi sedikit pada bulan Januari 2021. Namun itu diakibatkan 2 hal : Kebijakan PPKM (Pembatasan Ketat) terkait Pandemi C19 dari pmerintah yang mengakibatkan Kalaras Backyard merubah jam operasional (tutup jam 7 malam), serta meniadakan hiburan Live Band yang kerap menjadi daya tarik akhir pekan.

Kedua, pada bulan Januari kami sama sekali tidak menggunakan influencer, namun sebaliknya beberapa micro influencer datang dengan sendirinya untuk review ambience & menu Kalaras Backyard.

Pada grafik diatas, anda dapat melihat jumlah 933 Get Direction Taps, itu artinya jika 80% saja orang yang melakukan pencarian lokasi Kalaras melalui maps, dengan rata-rata belanja Rp.70.000 / orang sudah dapat menghasilkan Rp.65.310.000, belum ditambah dengan customer yang langsung mengunjungi tempat, dan customer yang sudah datang lebih dari 1x (retainer).

Sampai hari ini Kalaras Backyard sudah memiliki 4,384 followers (dan terus bertambah), serta jumlah likes antara 50 – 100, dan engagement yang baik.

Luar biasa apa yang sedikit metode Digital Marketing Cafe dapat hasilkan untuk anda bukan?

Lalu bagaimana dengan Kalaras Backyard ? saat ini kami bangga mengumumkan bahwa, merespon cepat dengan popularitas yang didapat. Kalaras Backyard kini sudah memiliki cabang terbaru di Bogor yang bernama Kalaras Heritage

 

Yuk Mari 🙂

TIPS DIGITAL MARKETING CAFE

  1. Content / Editorial Plan :

    Jangan lupa untuk membuat rancangan konten anda perbulannya. Kamu bisa mulai dengan menentukan objektif konten perbulan dan melakukan kerangka konten dengan breakdown perhari, perminggu, per 2 minggu. EP / Editorial Plan seharusnya mencakup : tanggal, caption, content pillar (business info, product knowledge, activity, on moment), media, channel, grafis

  2. Growth Sheet :

    Setelahnya kamu harus memastikan bahwa semua upaya Digital Marketing, Social Media Marketing kalian dapat terukur dengan baik dan memiliki impact positif. Dengan Growth Sheet, kamu dapat mengawasi jika terjadi penurunan atau peningkatan engagement. Juga dapat melihat data journey user pada medsos sampai pada titik konversio.

  3. Influencer Auditor :

    Penting untuk kamu memastikan bahwa influencer yang kamu pilih untuk mempromosikan brand / usahamu itu segaris dengan bisnismu. Jika kamu memilih influencer yang nichenya pada travel, sangat mungkin hasilnya tidak maksimal jika dia memasarkan restoran pada feednya. Walaupun tidak harus selalu seperti itu. Kamu juga harus memastikan bahwa Engagement rate, ratecard, likes-comment rationya sudah cukup memenuhi standard. 

    digital marketing cafedigital marketing cafe

  4. Community Management :

    Sudah menemukan influencer pilihan? jangan lupa untuk dikelola dengan baik. Biasanya kamu butuh paduan antara Micro (5,000 – 100,000 follower) dengan Macro Influencer (+100,000 follower). Kadang-kadang ada influencer yang sulit dengan schedulenya. Pada saat visit juga mereka harus didampingi untuk mendapat informasi komprehensif tentang produk yang kamu jual. 

  5. Profile Optimization :

    Optimasi Bio kamu dengan memasukkan CTA, Whatsapp, Website, Maps, promo, jam operasional. Untuk Story kamu juga wajib mengupdate jika memungkinkan setiap 3 jam. Di story juga kamu bisa memasukkan 1 hashtags. Jangan lupa juga untuk merepost setiap kali ada yang men-tag kamu

  6. Outreach & Fast Response :

    Coba lakukan strategi outreach dengan men DM orang-orang yang melakukan engagement dengan kamu menawarkan promosi. Juga bisa dengan memposting pada hashtag-hashtag yang kamu pilih. Pastikan juga kamu selalu siap merespon dengan cepat.

  7. Hashtags Optimization :

    Lakukan research hashtags melalui flick dan buat hashtag groups setidaknya 4-7 group agar kamu bisa mengoptimalkan hashtags-hashtags yang ada. Lakukan pemilihan berdasarkan DAPC (Daily Average Post Count), Potential Reach, Competition Score, Avg. Likes. 

Tambahan

Penting untuk menjaga traction yang sudah diciptakan bisnis lokal seperti restoran, dan cafe. oleh karena itu, kami selalu menyarankan untuk tetap menjalankan strategi yang sudah ada dengan penyesuaian-penyesuaian tertentu. Misalnya dengan mengurangi secara bertahap budget influencer sampai kepada peak season.

Layanan yang cepat tanggap dan ramah juga menjadi kunci kenyamanan followers anda dalam berinteraksi dengan anda.

Izin sharing foto-foto Kalaras Backyard juga ya kak 🙂

Jika ingin bertanya lebih lanjut, silahkan isi form ini

SELAMAT MENCOBA!

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Reply

Your email address will not be published.