fbpx
freelance dan covid-19

Antara Freelance dan Covid-19 saat ini

freelance dan covid-19

Antara freelance dan Covid-19, Efek WFH #diRumahAja memiliki pengaruh terhadap dunia freelance desain grafis ? Ga secara spesifik desain grafis sih, tapi buat freelance di industri lain, iya loh.

Ada beragam jenis freelance diluar sana : fitness instructor, host event / MC, Travel / Tour Leader, freelance desain Grafis, Arsitek, ilustrator, virtual assistant, dan masih banyak lagi. Untuk pekerja freelance yang di bidang seni, imbas dari Covid-19 ke kita secara budaya kerja selama ini kayanya digambarkan dengan akurat melalui analogi diatas. Dalam konteks antara freelance dan COVID-19, beberapa topik yang akan kita bahas hari ini :

  • antara freelance dan covid-19, also
  • bidang freelance yang terpengaruh, and finally
  • solusi yang bisa dilakukan

Begitulah kira – kira. Dalam hati pengen ikut – ikutan culture shock sama temen – temen kantoran tapi mikir ‘sehari – hari juga gw begitu yak’ karena kita gak diwajibkan bertemu secara langsung dengan klien.

Bener – bener ga ngaruh?

Tapi yang paling penting, secara ekonomi, tapi, juga kena pengaruhnya. Rata – rata klien sekarang dalam kondisi yang gunjang ganjing. Boro – boro sewa jasa freelance, untuk internal mereka aja cash flownya juga lagi kelabakan mungkin. Begitulah keluh kesah hubungan antara dunia freelance dan covid-19 sekarang ini.

Tapi ada banyak freelancer di bidang tertentu yang sangat terpengaruh, yuk kita lihat apa – apa aja, dan apa ada solusinya ?

1. Travel / Tour Leader (freelance dan covid-19)

antra Freelance dan Covid-19, Jadi Tour Leader freelance ini cukup kenceng loh pemasukannya. Temen saya cerita penghasilan yang didapet perhari dari bawa rombongan sekitar 3% bikin iman saya goyah untuk pindah haluan. Rather, as a result, industri ini salah satu yang paling menerima dampak Covid-19 sekarang dengan banyaknya travel ban, travel warning secara global, membuat jasa freelance di bidang ini menurun teramat sangat drastis.

2. Fitness Instructor

Likewise, Apapun jenis freelance yang membutuhkan kontak fisik dengan kliennya akan sangat dihindari sampai beberapa waktu ke depan. Di apartemen tempat saya tinggal ada beberapa fitness instructor, yang sekarang lebih banyak mendekam di rumah ketimbang pergi keluar.

3. Go-Massage, Go-Food, Go-jek, Grab, jasa ride-hailing

Di antara semua sebenarnya, maybe, probably (mohon maaf saya pakai inggris2 campur cendol gini, lagi tes parameter SEO) saya paling empati dengan jasa ride-hailing sekarang ini. Denger – denger menurunnya penghasilan perhari bisa sampai 80% sedangkan mereka bergantung sama pemasukkan perharinya. Apalagi Go-Massage, langganan saya sampai whatsapp istri saya dia curhat belakangan lagi susah banget nyari pelanggan.

4. Host / MC Event

Dengan banyaknya event – event skala kecil s/d besar yang di cancel, otomatis job untuk host event juga ikut terdampak dengan ini. Tempat – tempat yang biasa untuk event baik outdoor maupun indoor seperti di mall, gelanggang olahraga, dll, antara sudah sepi sekali atau ditutup. Therefore orderan terhadap jasa ini berhenti sudah.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Need help?
Powered by