fbpx
industri kreatif di Indonesia

10 bidang industri kreatif

Bergelut di industri kreatif, kadang-kadang saya sendiri penasaran dengan istilah yang konteksnya cukup luas ini. Kadang bertanya juga ‘industri kreatif’ itu sebenarnya terdiri dari apa-apa aja ya? tentunya selain desain grafis, masih sangat banyak subsektor yang terdapat didalamnya.

Seiring berkembangnya industri kreatif dari tahun ke tahun yang dicampur dengan kemajuan dan perkembangan teknologi turut andil dalam bertambahnya subsektor industri kreatif, membuat semakin memikatnya industri ini dan terlihat semakin sexy.

Setelah sedikit melakukan penelusuran ada 16 subsektor yang berada didalam konteks industri kreatif. Mari kita simak listnya dibawah ini :

1.Subsektor industri kreatif : Aplikasi dan pengembangan game

karir desain grafis game desain
salah satu desain game yang saya buat

Mungkin kalian sudah pernah perusahaan game developer seperti Touch Ten atau Agate Studio dengan game-gamenya yang sudah cukup dikenal. Penetrasi mobile game di Indonesia menjadikan iklim game developer semakin dijuntrungi oleh kawula muda kreatif yang memiliki hasrat di bidang ini.

Talenta seperti programmer, DKV, UI/UX juga banyak dibutuhkan di perusahaan seperti ini, jika kalian tertarik.

2.Subsektor industri kreatif : Arsitektur

Arsitektur merupakan salah satu subsektor ekonomi / industri kreatif yang memiliki peranan penting dalam membangun manifestasi dari sebuah budaya. Arsitektur mampu menunjukka budaya keragaman bangsa Indonesia. Dan dari sisi pembangunan, arsitektur memiliki peran fungsional dan estetis, mirip seperti DKV.

Pertumbuhan tenaga kerja arsitek cukup menjadi kendala di Indonesia dengan hanya 15.000 orang dari total 260 juta penduduk. Jadi kalau kamu tertarik jenjang langkah karir di dunia arsitektur, silahkan.

3. Subsektor industri kreatif : Desain Produk

Pekerjaan desainer produk memiliki dimensi yang sangat mendalam, bahkan kalau boleh saya katakan lebih mendalam dari DKV. Karena banyak hal yang diperhitungkan mulai dari dimensi, volume, kualitas produk, treatment, dll.

Subsektor ini cukup mendapat dorongan dari bertumbuhnya minat masyarakat akan produk yang berkualitas tinggi.

4. Subsektor industri kreatif : Fashion

Industri ini mungkin menjadi salah satu penghasil PDB terbesar dari industri kreatif. Data dari Kementerian Perindustrian tahun 2016 mencatat, nilai ekspor dari industri fesyen tanah air mencapai  USD 11, 7 miliar. 

Industri fashion juga sangat dinamis dengan trend yang dapat bermunculan bahkan setiap bulannya sehingga para produsen harus mampu mengikuti pertumbuhan tren sesuai dengan permintaan pasar.

5.Subsektor industri kreatif : desain interior

Beberapa kali saya mengerjakan proyek desain interior, menggunakan software seperti sketchup, C4D, dan juga berkolaborasi dalam renovasi interior yang dilakukan. Subsektor ini memang terbilang sexy dengan bertumbuhnya pelaku desain interior setiap tahunnya.

Seperti halnya desain produk, desain interior juga banyak dicari seturut kesadaran masyarakat akan diperlukannya interior yang fungsional dan mampu membuat pengunjung merasa nyaman.

6.DKV

Industri ini di pengamatan saya sepertinya sedang dalam masa transisi dan beradaptasi terhadap dinamika teknologi yang kian melekat dengan industri ini. Intinya dari subsektor ini yaitu bagaimana menyampaikan pesan secara visual sedemikian rupa sampai dapat diterima khalayak dengan baik.

Sebagaimana semua subsektor industri kreatif, praktek teknisnya membutuhkan banyak proses dari awal sampai akhir yang fundamental dalam menentukan hasil karya desain yang didapat.

7.Seni pertunjukkan

Performance art merupakan bagian dari industri kreatif sejak zaman dahulu sudah eksis di dunia seni. Baik dalam bentuk wayang, teater, ludruk, tari dan masih banyak lagi. Kesenian tersebut menyebar ke seluruh Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. Sangat kaya dan beragam subsektor ini, untuk pertunjukkan wayang saja, sebut saja, ada wayang pipih, potehi, wayang golek, dan masih banyak lagi.

8.Film, Animasi, dan Video

Industri perfilman merupakan salah satu pemain utama dalam industri kreatif. Subsektor ini banyak bermain dengan indra penglihatan dan pendengaran dari khalayaknya sehingga memberi pengalaman emosional yang dapat demikian memikat bagi para penontonnya.

Pertumbuhan industri perfilman di Indonesia juga kian meroket. Mulai dari film layar lebar sampai animasi semakin digemari dari produksi lokal.

9. Fotografi

industri kreatif

Subsektor ini memiliki daya tarik sendiri bagi kalangan muda mudi. Beberapa tahun lalu kamera DSLR begitu meledak di kalangan milennial seringkali saya melihat anak-anak kuliah, SMA, berkeliling dengan mengalungi kamera DSLR di lehernya bersiap menjepret angle-angle yang menangkap perhatian mereka. Subsektor ini banyak menjadi hobi bagi sebagian orang selain dari menjadikannya sebagai sebuah profesi.

10. Musik

industri kreatif di Indonesia

Perkembangan platform digital seperti youtube, spotify, joox, seperti membuka pintu lebih lebar bagi para musisi yang beraspirasi. Sekarang merilis lagu yang mereka buat menjadi jauh lebih mudah. Tidak heran kalau di youtube, spotify, dan platform lain semakin banyak artis-artis lokal berbakat yang melantunkan lagu-lagu mereka.

KESIMPULAN :

Beragam subsektor industri kreatif di Indonesia membuatnya menjadi semakin menarik untuk digeluti. Seorang kreativis (begitu saya menyebutnya), bisa saja melakukan desain interior, DKV, dan desain produk sekaligus. Atau Game Developer, Fotografi. Kemungkinannya tanpa batas.

Satu hal yang paling penting dari beberapa pengalaman saya bekerja di bidang industri kreatif, adalah salah satu faktor utama untuk berhasil di bidang industri ini adalah IMAJINASI. Industri kreatif mendorong kita untuk memiliki konsep pemikiran yang kreatif, untuk dieksekusi dengan kualitas terbaik setelah itu.

salah satu faktor utama untuk berhasil di bidang industri ini adalah IMAJINASI

Imajinasi, buat saya yang di bidang dkv, lebih penting dari pengetahuan teknis seperti psd, ai, figma, sketch, xd, dll. semua berawal dari konsep dan pemikiran yang baik

Bagi kalian yang baru saja lulus dari jenjang SMA / SMK, dan hendak melanjutkan ke bidang kreatif. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk kalian ya. Kalau ada yang mau didiskusikan silahkan!

NB : jangan lupa rating post ini dibawah ya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Need help?
Powered by