fbpx
tips desain grafis seputar packaging

6 Tips desain grafis ; Packaging

Kamu lagi ngerjain proyek desain packaging dan butuh tips desain grafis? desain yang satu ini sedikit berbeda dengan pekerjaan desain grafis pada umumnya karena sedikit banyak bersinggungan dengan desain produk. Ada dimensi yang harus diperhatikan dan finishing-finishing khusus seperti pada media cetak layaknya.

Membuat desain packaging merupakan satu hal yang menantang. Diluar sana juga pasti banyak tips desain grafis seputar packaging yang membantu kamu seperti di 99designs.com. Juga kamu bisa mendapat beberapa pengetahuan antara desain packaging yang buruk dan yang baik disini.

Disini saya mencoba berbagi beberapa tips praktis untuk menjaga agar desainmu tetap baik, berfungsi, dan estetis. Yuk simak insight sebagai berikut.

tips desain grafis seputar packaging

1. Tips desain grafis : Dimensi

Perhatikan dan hitung secara akurat dimensi produk yang hendak dibuat design packaging. Tidak hanya itu, perhatikan juga bentuk produknya, karena membuat packaging botol dengan lengkungan bottle-neck lebih sulit ketimbang box atau cylinder jika labelnya dibuat wrapping seperti dibawah ini.
Jangan lupa selalu mencetak mockup untuk test desainmu.

Di gambar diatas kamu bisa lihat untuk desain packaging dengan wrapping label diatas perlu dieline template khusus agar ketika label dilekuk di area bottle-neck tidak distorsi, atau rusak.

2. Tips desain grafis : Information Architecture

Ini salah satu aspek yang paling penting karena selain desain, audience akan membaca informasi yang terkandung didalam label packaging. Perhatikan informasi yang penting dapat dibaca.

  • Readable – Pastikan informasi yang terkandung memiliki ukuran typeface yang terbaca. Size paling minimum pada umumnya adalah 8 pt (di typeface Din family masih dapat jelas dibaca). Jangan lupa mockup dulu ya untuk readabality test produkmu
  • Hirarki Informasi – Buat skala priorita informasi dari yang paling krusial sampai yang tidak penting. Kandungan nutrisi, Tagline, logo, dll, sebaiknya memiliki hirarki baik
tips desain grafis packaging komponen
gambar diatas adalah komponen-komponen informasi yang mandatoris teradapat pada sebuah packaging. Atur dengan baik agar hirarkinya dapat dirasakan secara visual. Tips : banyak orang lebih melihat Nutrition Facts dibanding merk loh. Terutama mereka yang lebih peka kesehatan.

3. Usability

Desain-desain packagingmu pastikan berfungsi dengan baik. Jangan menggunakan finishing atau fitur yang membuat audience bingung cara menggunakan packaging tersebut. UX juga merupakan salah satu prinsip yang diterapkan pada desain packaging.

tips desain grafis
Kelihatan menyegarkan dan ingin segera kamu minum? jangan. Karena packaging diatas adalah produk kebersihan.

4. Proteksi

Ingat tujuan dari packaging adalah untuk melindungi produk dalamnya. Pastikan beberapa hal disamping sudah terpenuhi :

  • Gramasi bahan – Bahan kertas yang digunakan harus cukup tebal. Hindari menggunakan bahan seperti Art Carton bahkan gramasi 260 gsm sekalipun. Ukur berat produk dan estimasi gramasi bahan dan desain yang cukup untuk menahan volume produk
  • Seal – Kamu bisa menggunakan seal sebagai pengaman agar jangan sampai flap dan menyebabkan kebocoran atau bahkan kerusakan produk

5. Anatomi

Pahami anatomi packaging untuk dapat membantumu dalam mengerjakan desain-desain packagingmu. Pada dasarnya anatomi dapat dibagi menjadi 4, belum termasuk dengan sub-kategorinya.

  • Flap – adalah lidah dari packaging pada box. Flap memiliki bagian yang banyak : Top Tuck Flap, Dust flap, 2nd-in Flap, dll.
  • Panel – adalah sisi-sisi packaging. Umumnya terdiri dari front, left side, right side, rear panel, Third in Closure Panel, First in Closure Panel, Second in Closure Panel.
  • Grain – Luas keliling packaging
  • Sequence – Urutan penutupan & pembukaan packaging produk
Sumber : https://www.johnsbyrne.com/blog/printing-packaging-terms-part-3-tucks-folds/

6. Tujuan

Ingat selalu tujuan dari packaging desain :

  • Marketing – Tujuan packaging adalah untuk memasarkan produkmu dengan desain grafis semenarik mungkin
  • Protection – Selain itu juga berguna untuk melindungi produk dari kerusakan
  • Bundle – beberapa desain packaging juga bertujuan menempatkan beberapa Quantity produk kedalam 1 wadah (e.g Yakult).
  • Visibility – Packaging harus bisa membuat produk tampil standout ditengah persaingan jumble display di etalase supermarket atau dimanapun

Nah itulah beberapa hal yang patut disimak ketika kamu sedang mengerjakan desain packaging. Selain daripada itu, sebagai tambahan, sebuah packaging juga harus bersifat ’emosional’, informatif tapi tidak berlebihan, dan fungsi yang setara dengan desainnya, selain dari itu, harus menyesuaikan dengan budget yang disediakan juga (iya, ini biasanya tantangan utamanya).

Sekian sedikit tips desain grafis dari saya, semoga berkenan, sukses selalu di projectnya, semoga makin banyak proyek yang ‘dibungkus’ kedepannya. jangan lupa sharing is caring.

Yours Truly
AG

tips desain grafis

NB : jangan lupa rating artikel saya dengan skor dibawah ini 🙂

Our Score
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Need help?
Powered by