10 Tips Influencer Marketing

Tips Influencer Marketing : artikel ini merupakan tips strategi marketing influencer yang bertujuan untuk meningkatkan awareness dan konversi dari brand serta sales kalian dengan memanfaatkan influencer.

Jika dimanfaatkan dengan baik, maka Tips Influencer Marketing ini dapat memberikan sales berlipat dari investasi yang dibuat! Namun untuk memastikan agar pemasaran ini terarah, dan terencana dengan baik, banyak hal yang harus diperhatikan.

Kali ini saya akan berbagi 10 tips untuk memulai influencer Marketing dengan endorser-endorser pilihan kalian. Mulai bagaimana cara melakukan analisa engagement, like-comment ratio, memilih niche, dan banyak lagi!

1. TIPS INFLUENCER MARKETING : PILIH NICHE MU!

Relevansi merupakan hal yang penting didalam menjalankan influencer marketing. Relevansi juga merupakan hal yang teramat penting didalam menjalankan semua marketing. Kamu mungkin akan kesulitan menjual pakaian high-end di distro pakaian yang segmennya berbeda. Mungkin juga tidak tepat untuk kamu mentargetkan audience yang berlokasi di Jakarta Timur, sewaktu lokasi Coffee Shop kamu berada di Jakarta Utara. RELEVANSI itu segalanya pada marketing.

Ketika kamu merupakan sebuah bisnis online shop pakaian yang hendak mencari influencer, lebih baik mencari persona / sosok yang feednya sering memposting tentang pakaian. Jika pakaianmu cenderung untuk wanita kerja. Kamu bisa tambahkan pada parameter. Sehingga yang kamu cari adalah influencer yang : seorang wanita, keluarga muda, berkarir, tertarik dengan fashion. Dengan mengetahui niche kamu, akan sangat membantu menentukan list-list influencer yang kamu cari.

2. TIPS INFLUENCER MARKETING : HASHTAGS

Ketika kamu melakukan endorsement ke satu influencer tertentu, kamu bisa melakukan request untuk memasukkan Hashtags tertentu yang kamu targetkan untuk dapat meranking melalui hashtag(s) tersebut. Kami biasanya menggunakan aplikasi app.flick.tech. Pada klien kami, Kalaras Backyard contohnya, kami menggunakan hashtag terpilih pada gambar dibawah :

#kulinercimahi merupakan target hashtags agar dapat di rank oleh klien yang kami handle, Kalaras Backyard. Hashtags ini memiliki Competition Score yang tinggi, sehingga mendapat ranking (1-9) menggunakan HT ini dapat berpotensi menjangkau audience lebih banyak. Tapi kami juga sadar untuk dapat mendapat ranking dengan tingkat Competition Score berdasarkan data diatas tidaklah mudah.
tips influencer marketing
Kedua influencer yang ranked disini, yaitu @bdgsociety dan @duniakulinerbdg memiliki respon yang baik pada feed konten Kalaras Backyardnya sehingga strategi ini berhasil mengangkat awareness dan reach netijen kepada Kalaras Backyard, klien kami.

Hashtags ini pun kami masukkan dan perlakukan seperti kata kunci sebagaimana pada Google Ads. Kata kunci ini kami masukkan kedalam Bio pada IG kami.

Jika kalian ingin tahu bagaimana Instagram merank konten kamu, yaitu dengan mengklik tombol Explore pada IG. 9 posting teratas adalah yang dimaksud dengan Ranked.

3. TIPS INFLUENCER MARKETING : COMMUNITY MANAGEMENT

Satu hal sederhana namun penting untuk kamu lakukan adalah melakukan community management kepada influencer-influencer ini. Apakah mereka akan datang pada waktu bersamaan, atau mempost pada waktu yang bersamaan atau berdekatan (saya merekomendasikan ini, karena dapat memiliki dampak brand awareness yang besar) ? Pada saat influencer mendapatkan produk, atau visit ke toko anda pun, pastikan kamu berinteraksi dengan baik dan buat mereka merasa disambut. Lagipula hospitality adalah aspek penting dalam bisnis anda.

Jika usaha anda merupakan toko ritel, jelaskan produk-produk anda secara mendetil. Kelebihannya dan apa yang ditawarkan. Jika kamu memiliki cafe yang mengundang influencer, pastikan mereka dijamu dengan baik (pada bisnis cafe, umumya influencer mendapatkan set menu untuk mereka review beserta dengan ambience). Semua kritikan, masukan, dan pujian, tampung dengan baik. Dan jika memungkinkan, kembangkan produk kamu lebih baik lagi dengan menjadikan feedback mereka sebagai acuan. Lagipula, feedback positif akan membangun TRUST untuk kamu kan?

4. TIPS INFLUENCER MARKETING : PROMO

Salah satu waktu yang tepat untuk menggunakan Influencer Marketing adalah pada saat kamu sedang merilis produk baru, menawarkan promo, release, soft opening, grand opening, press-release, dan lain sebagainya. Feed yang di post oleh para influencer ini akan menjadi sebuuah insentif bagi para follower-followernya untuk engage dengan brand kamu, entah visit profil, get direction, atau purchase. mana saja yang menjadi target konversi kamu.

5. TIPS INFLUENCER MARKETING : MICRO VS MACRO INFLUENCER?

Kalau kamu pernah bertanya – tanya, lebih baik memakai macro, atau micro influencer? Akan bergantung pada objektif kalian sendiri. Berikut adalah beberapa pro dan kontra yang bisa menjadi acuan untuk memilih mana yang lebih baik

tips influencer marketing
Perbandingan antara Macro & Micro influencer yang dapat dijadikan tolak ukur

Setelah melihat tabel diatas, kalian dapat menentukan sendiri pro kontra menggunakan Macro ataupun Micro influencer. Kamu juga melakukan hybrid antara Micro & Macro Influencer. Untuk kami, karena alasan cost, kelancaran komunikasi, dan impact menyeluruh, biasanya kami menggunakan pendekatan hybrid yang mencampur antara Macro & Micro Influencer marketing dalam satu periode tertentu.

Lanjut di halaman berikut -->
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.