fbpx
mendapat review baik klien 3

10 cara mendapat review baik klien

sebagai seorang freelance desainer grafis, kita seringkali mengutamakan hard-skill kita sebagai senjata utama dalam memuaskan kebutuhan klien. Bergadang semalam suntuk, membuat rangkaian proses desain untuk mendapat hasil terbaik. Tetapi dalam keseluruhannya, apakah hal tersebut sudah cukup untuk kita mendapat review baik klien?

Ketika kita mendapat review baik klien, itu akan membuka pintu rejeki yang lebih banyak, peluang untuk mengasah skill kita dengan baik. Menambah keyakinan klien untuk memberi proyek-proyek lanjutan kepada kita.

Mari simak hal penting yang menjadi catatan ketika kita mendapat review dari klien sebagaimana dikutip dari customer.com : Increased Credibility: When you use customer testimonials, you show new and old consumers that your brand continues to add value. Testimonials can make your company appear to be a thought leader in your industry, perhaps even make that really happen, as well as promise a positive experience for anyone who visits.

Namun satu hal yang seringkali harus kita pahami, bahwa hard-skill tidak selalu menjadi modal utama bagi seorang desainer untuk mendapat review baik klien. Bahkan, sebagian besar porsinya terletak pada kemampuan kita yang lain : soft-skill.

Di online pun, ketika kamu memiliki review-review yang bagus dari klien, itu akan membantu kredibilitas, dan SEO kamu juga.

Google Review akan membantu kredibilitas dan local SEO, serta reputasi kamu secara online.

Ada beberapa strategi jitu yang biasanya saya lakukan untuk menjaga hubungan yang baik dengan klien, bahkan ketika saya merasa desain yang saya berikan bukan desain yang terbaik pun, dengan soft-skill yang baik, kita dapat tetap menjaga kepercayaan klien. Apa-apa saja triknya?

1. Mendapat review baik klien dengan KOMUNIKASI

Bosen sih memang, karena kita selalu mengutarakan betapa pentingnya komunikasi dengan sesama. Tetapi memang pada dasarnya, komunikasi adalah hal paling mendasar yang harus dikuasai seseorang. Sederhananya, tidak ada proyek yang dapat berjalan baik tanpa adanya komunikasi yang baik. Setidaknya lakukan komunikasi sehari sekali jika pekerjaan sedang intens dan lakukan.

mendapat review baik klien 2

2. Mendapat review baik klien dengan melakukan HEADS UP

Jika terjadi hal-hal seperti permasalahan e.g konten dari klien yang belum ready, kendala teknis yang membuat deadline mundur, atau bahkan terlambat datang rapat, jangan beritahukan pada jam H atau hari H. Secepat mungkin jika ada masalah langsung komunikasikan ke klien sehingga bisa dicari solusinya bersama.

3. Melakukan review baik klien dengan skill NEGOSIASI

Pernah menemui klien yang meminta pekerjaan diluar scope yang disetujui? jangan langsung ditolak mentah-mentah. Coba negosiasikan dengan memberitahukan konsekuensi, kendala, serta value yang diberikan dari pekerjaan ini serta jika memang ada, kisaran biaya yang dibutuhkan.

4. Mendapat review baik klien dengan metode LOOK AHEAD

Pahami bahwa behavior klien anda banyak yang seperti ini : mereka memberi 1 proyek untuk anda kerjakan, sekedar untuk melihat hasilnya. Dan jika oke, mereka akan membuka retainer bagi anda. Jadi sebelum kita komplain tentang kesulitan-kesulitan yang dialami, jangan lupakan kalau setiap klien itu penting, semua klien itu jembatan anda menuju masa depan.

5. Mendapat review baik klien dengan prinsip ACT LIKE A PRO

Ranah pekerjaan profesional bukan tempat untuk baper. Kalau kamu ingin mendapat review baik klien, pastikan kamu juga terus mengasah mentalitas sebagai seorang profesional. Tidak semua klien akan sesuai impian anda, malahan mungkin kebanyakan sebaliknya. Deal with it. Bahkan ketika kamu seorang yang masih kuliah pun, dihadapan klien, selalu bersikap layaknya seorang profesional dengan jam terbang tinggi.

mendapat review baik klien

6. BERIKAN IDE-IDE TERBAIKMU

Sebuah charm desainer yang utama adalah ketika kita mampu terus menerus memberikan ide-ide yang menjadi solusi kreatif untuk permasalahan klien terkait. Mereka selalu mendapat masalah seperti ‘saya pengen logo dengan warna tosca, feminis, ada gambar naganya. tapi ga tau gambarnya seperti apa, jadi solusi kreatif seperti apa yang bisa diberikan ?

Menggunakan pendekatan semiotik visual

Dengan menggunakan teori semiotik visual, seperti yang umum kita lakukan, lalu kita memberikan solusi kreatif seperti diatas. Apa itu semiotik visual ? simak penjelasan berikut :

mendapat review baik klien 3
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Need help?
Powered by